PPG Calon Guru vs CPNS Umum : Daftar Mana Yang Terbaik


PPG Calon Guru vs CPNS Umum : Daftar Mana Yang Terbaik - Pemerintah pusat melalui MenpanRB resmi mengumumkan penerimaan CPNS tahun ini, setelah beberapa tahun tidak membuka pendaftaran CPNS akhirnya kita menerima kabar baik, hanya saja tidak sepenuhnya menjadi kabar baik sebab hanya sekitar 20% kebutuhan ASN diisi melalui seleksi CASN. Persaingan akan semakin ketat karena hanya sekitar 27 ribu kuota dibuka.
 
Semua formasi yang akan dibuka oleh pemerintah pusat sedangkan untuk kuota daerah sepenuhnya akan diisi oleh PPPK, khusus dua sektor terbesar pendidikan dan kesehatan sepenuhnya dari PPPK, baik pengangkatan honorer maupun dari lulusan baru melalui mekanisme PPG keguruan. Ini akan menjadi seleksi CPNS tersulit karena hanya akan ada sebagian kecil yang diterima.
 

Khusus untuk lulusan baru keguruan yang masih menunda ikut PPG dan berharap memilih CPNS itu keputusan yang tidak tepat karena tidak akan ada penerimaan CPNS Guru pada tahun ini, segera mendaftar PPG. Mayoritas pelamar CPNS berasal dari sektor pendidikan dan kesehatan dan keduanya sepenuhnya menerima melalui jalur PPPK.
 
Kebijakan PPPK pada awalnya untuk mengatasi krisis kekurangan tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan dengan mekanisme pengangkatan berbasis tes dari honorer yang sudah mengabdi paling tidak 5 tahun, setelah dikaji lebih dalam kebijakan ini lebih menguntungkan dari segi kalkulasi anggaran APBN karena penerintah pusat atau pemerintah daerah hanya akan menggaji masa produktif ASN.

Tentu jauh lebih baik dengan skema CPNS yang terus dibayar meski tidak lagi produktif seperti masa pensiun. Hanya saja dari sisi pelamar tentu tidak diuntungkan dan jauh lebih baik mengikuti CPNS. Banyak lulusan baru yang berkomentar di sosial media PPG Kemdikbud bahwa mereka lebih memilih menunggu pendaftaran CPNS dari pada ikut yang sudah dibuka.

Pemerintah tidak akan melakukan kesalahan atau tumpang tindih dari kebijakan dibuat, jika ada banyak kuota dibuka sepanjang tahun maka dipastikan tidak akan lagi dibuka untuk CPNS karena semua formasi sudah terpenuhi. Selain itu admin sudah merangkumnya dalam PPG Calon Guru VS CPNS mana yang lebih baik berikut penjelasannya :

PPG Calon Guru 

  1. Berdasarkan aturan baru PPG Calon Guru langsung mendapatkan penempatan.
  2. Pemilihan formasi diawal pendaftaran.
  3. Bagi yang lulus bersyarat diawal harus memilih mengganti penempatan berbeda.
  4. Sudah jelas nasibnya setelah lulus langsung berstatus P3K.

CPNS Umum

  1. Kuota yang dibuka sangat kecil
  2. Kedepan hanya akan membuka CPNS pusat saja
  3. Daerah yang tidak mengajukan formasi dari PPPK karena menggap pengangkatan PPPK Honorer kalah berkulitas akan di ambil alih dan iisi secara otomatis oleh pemerintah pusat.
  4. Persaingan sangat ketat peluang lulus sekitar 2%-10% dengan jumlah pelamar jutaan bahkan sampai puluhan juta.
  5. Semakin hari kuota CPNS guru semakin berkurang.
  6. Lulus CPNS masih harus ikut PPG dalam jabatan yang antrinya lama dan belum tentu langsung lulus.
  7. Selama periode tertentu jika ASN tidak lulus terus menerus PPG Dalam Jabatan maka seumur hidup tidak akan bisa ikut PPG lagi.

Bagi lulusan baru bisa ikut PPG Calon Guru langsung ditempatkan sesuai formasi pilihan berstatus P3K sedangkan bagi yang tidak mau bisa ikuti CPNS.