Nasib Lulusan Sarjana Pendidikan Kedepan ?


Nasib Lulusan Sarjana Pendidikan Kedepan ? - Setelah kebijakan pengangkatan ASN melalui honorer yang masing belum tuntas, ditengah kabar itu ada banyak lulusan baru yang sedang menunggu kepastian untuk mengikuti CPNS Umum dan P4 PPPK umum kira-kira kapan dibuka. Sistem rekrutmen CPNS saat ini telah mengalami perubahan, salah satu yang paling menyita perhatian adalah penyelesaian pengangkatan honorer menjadi ASN PPPK.

Sementara lulusan baru sedang merasa kebingungan karena setiap kali ada bukaan rekrutmen ASN tidak ada untuk umum atau lulusan baru, seakan tidak kebagian kue besar yang diberikan pemerintah, bahkan dari beberapa tahun yang lalu tidak ada lagi pembukaan CPNS Umum yang bisa diikuti sarjana lulusan baru.

Selain itu kabar P4 Umum PPPK juga masih menjadi kabar yang ditunggu terutama untuk yang sudah menjadi guru swasta lama,  meksi sedikit keberadaan dari kuota P4 sangat dinanti oleh pelamar, dilema saat ini memang sedang terjadi pada dua formasi karena pemerintah fokus penyelesaian honorer yang akan berakhir pada tahun ini.

Setelah tahun ini bagaimana nasib rekrutmen ASN kedepan kira-kita apakah pendaftaran CPNS Umum akan dibuka kembali atau sepenuhnya akan dialihkan ke PPPK melalui rekrutmen P4. Berdasarkan keterangan Kemenpan kedepan rekrutmen CPNS akan dibuka untuk lulusan baru, sementara khusus untuk formasi guru yang sudah terdaftar di dapodik dapat mengikuti P4 PPPK.

Hanya saja jumlah kuota yang dibuka sangat kecil, seperti pengalaman admin beberapa tahun lalu 1 formasi pemerintah pusat diperebutkan untuk ribuan orang, selain itu untuk rekrutmen CPNS akan difokuskan pada tingkat pusat dan kementarian. Sedangkan daerah akan lebih mendominasi rekrutmen pewagai melalui PPPK baik dari penyelesaikan pengangkatan honorer maupun P4 Umum.

Selain itu baru-baru ini pemerintah akan mengeluarkan aturan pengangkatan dari jalur PPG Prajabatan untuk menenuhi kebutuhan guru yang pensiun maupun kekurangan guru di daerah, hanya saja diharuskan untuk mengikuti kuliah selama satu tahun dan tidak semua orang memiliki waktu yang cukup lama untuk bisa mengikuti PPG. Selain itu admin akan menjawab beberapa pertanyan terkait dengan informasi penting seputar Rekrutmen ASN :


Kapan Pendaftaran CPNS Umum dan P4 PPPK Umum ?

Secara umum rekrutmen CPNS umum hanya dibuka setahun sekali, setiap tahun tidak ada perubahan jadwal pelaksaan biasanya dilaksanakan pada menjelang akhir tahun mulai Juli, September, Oktober, November, selain bulan tersebut jarang sekali meski sudah diumumkan jauh-jauh hari pasti mendekati bulan tersebut.

Apakah Tahun Ini dan Tahun Depan Ada Bukaan CPNS Umum ?

Untuk saat ini formasi CPNS umum hanya akan dibuka pada tingkat pusat saja seperti kementerian atau lembaga lain, hanya saja kuota penerimaannya sedikit dan akan diperebutkan oleh peserta seluruh Indonesia.

Apakah Ada Bukaan P4 PPPK Umum Tahun Ini ?

Meski disebut sebagai formasi umum P4 merupakan kuota khusus bagi pekerja tekknis yang memiliki kompensi seperti guru terdaftar dapodik swasta dan lulusan PPG Prajabatan. Selain itu tidak bisa untuk lulusan baru harus mengikuti pendaftaran dari PPG Prajabatan. Jawabanya ada semua lulusan PPG Prajabatan sistem alam akan mengisi kekosongan untuk formasi P4 PPPK, sedangkan kedepan PPG Prajabatan akan otomatis mendapatkan penempatan setelah lulus tidak akan mengganggu kuota umum lagi.

Apa Yang Terjadi Jika Pengangkatan Honorer Selesai ?

Jika memang masalah honorer selesai di tahun ini itu artinya semua kekurangan guru di Indonesia akan terselesaikan, itu artinya tidak akan banyak dibuka lagi oleh pemerintah karena sisa dari guru pensiun setiap tahun diisi oleh lulusan PPG Prajabatan. Nasib lulusan baru mau tidak mau harus ikut mendaftar PPG Prajabatan jika ingin menjadi guru.

Pilihan Untuk Lulusan Sarjaa Pendidikan Kedepan ?

Jika setelah lulus ingin menjadi guru maka yang bisa dilakukan melamar ke sekolah swasta, sedangkan bagi yang ingin berkarir sebagai ASN PPPK maka harus mendaftar ke PPG Prajabatan, khusus untuk yang ingin menjadi CPNS harus sabar dan menunggu sampai ada bukaan yang hanya dilakukan satu tahun sampai 2 tahun sekali. Sembari menunggu bukaan bisa melamar di loker lain seperti BUMN atau perusahaan lain. 

Dibalik kebijakan memang ada plus minusnya, jika satu kebijakan berpihak pada salah satu golongan tertentu seperti honorer maka yang akan terlantar mereka lulusan baru, tetapi pemerintah tidak akan diam saja pasti akan ada penyesuain untuk kedepan untuk saat ini yang bisa dilakukan bagi lulusan baru sarjana calon guru adalah mengkuti PPG Prajabatan jika ingin menjadi ASN tidak ada tawar menawar. Karena jika ada formasi CPNS untuk pusat jumlahnya akan sangat sedikit.