Program Fast Track S1 Langsung PPG


Program Fast Track S1 Langsung PPG - Kabar gembira bagi program studi Keguruan dan Ilmu Pendidikan, berdasarkan wacana dan informasi dari orang dalam kedepan mahasiswa Keguruan maupun ilmu pendidikan dapat mengikuti program Fast Track S1+PPG Calon Guru secara bersamaan dengan masa studi 9-10 semester, pada semester 7 mahasiswa dapat melanjutkan program dan mata kuliah PPG.

Diharapkan dengan masa studi 9 semester atau lebih bisa lulus sarjana pendidikan dan keguruan serta memiliki sertifikat pendidik, hanya saja untuk mekanisme belum diatur secara rinci, wacana ini akan terealisasi dalam beberapa tahun kedepan, bahkan jika memang dirasa LPTK siap dan pemerintah pusat dalam hal ini Kemdikbut memberikan lampu hijau sistem ini akan diuji coba.

Apakah sistem Fast Track ini dapat di implementasikan pada sistem perkuliahan S1 Pendidikan maupun Keguruan ? secara umum bisa, hanya saja kemungkinan besar terjadi pada LPTK yang sudah dianggap baik dalam pelaksaan PPG Calon Guru, beberapa kampus saat ini sudah mengarah kesana, dimana memasukan mata kuliah yang ada di PPG menjadi mata kuliah pendidikan saat ini.

Dengan adanya sistem serupa saja sudah meningkatkan jumlah mahasiswa baru pada fakultas keguruan maupun ilmu pendidikan, berdasarkan data dari beberapa perguruan tinggi negeri total jumlah mahasiswa baru fakultas keguruan dan ilmu pendidikan naik dua sampai tiga kali lipat, PTN juga menambah kuota penerimaan cukup banyak.

Seperti contoh beberapa program studi yang ada di UNSRI ditahun sebelumnya tidak memiliki banyak peminat setelah ada sistem PPG jumlahnya naik 3 kali lipat, hal ini sebanding dengan kebutuhan guru yang semakin tinggi. Ditandai dari berbagai aspek seperti pensiun masal guru, sistem PPG hanya dapat memenuhi kebutuhan setiap tahun 25 ribu sampai 50 ribu.

Sedangkan kemampuan LPTK untuk mencetak calon guru profesional terbatas setiap tahunnya membuat supply dan damend semakin jauh, disebabkan keterbatasan dosen yang ada di LPTK, tentu jalur Fast Track ini menjadi kabat baik dan sekaligus dapat menjadi solusi yang ditawarkan oleh pemerintah kedepan.

Berdasarkan hasil penelusuran lainnya jika memang sistem Fast Track di implementasikan di beberapa kampus yang sudah siap dengan mekanisme berikut :

  1. Mahasiswa keguruan pada semester 1-6 akan mengikuti perkuliahan pendidikan maupun keguruan, di awal semester 7 mahasiswa dapat mengikuti program PPG Calon Guru dengan mengikuti tahapan seleksi yang akan di fasilitasi kampus.
  2. Mahasiswa yang memenuhi syarat secara adminstrasi dan seleksi tertentu dapat melanjutkan ke program PPG Calon guru pada semester 7 sampai semester 9.
  3. Untuk tugas akhir dapat berupa studi kasus maupun penelitian tindakan kelas.
  4. Hanya kampus yang sudah baik dalam pengelolaan PPG dan dianggap sukses dapat melaksanakan sistem fast track ini.
  5. Terdapat seleksi Ketat pada program ini jadi kemungkinan tidak semua mahasiswa dapat mengikuti program hanya yang memenuhi sayarat saja.
Program Fast Track yang kita kenal saat ini merupakan program akselerasi memiliki pendaftaran dan seleksi khusus dari awal, jika mengacu pada program serupa maka pada skema 2 ini kampus akan membuka jalur khusus Fast Track S1 Langsung PPG adapun rincian berikut :
  1. Memiliki jalur khusus diikuti oleh mahasiswa sejak awal setelah lulus dapat mengikuti program ini.
  2. Pelaksanaan mirip dengan program Fast Track yang sudah ada.
  3. Dapat diikuti oleh mahasiswa aktif maupun mahasiswa baru mengikuti seleksi.
  4. Memiliki jalur masuk baru.
  5. Seleksi ketat yang harus diikuti oleh mahassiwa sejak awal.
Sampai artikel ini turunkan belum ada tindak lanjut terkait dengan program ini cepat atau lambat program ini akan di implementasikan di beberapa LPTK yang ada di Indonesia, hal ini menjadi kabar baik bagi program Studi Keguruan mupun ilmu pendidikan yang ada di Indonesia, diharapkan sistem ini mirip pada sistem profesi lain seperti kedokteran yang pelaksanaan perkuliahan 3.5 tahun dilanjutkan dengan profesi selama 1 tahun.

Dengan waktu 4,5 tahun mahasiswa S1 akan mendapatkan ijasah sarjana dan sertifikat PPG, kita doakan saja semoga program ini dilaksanakan secepat mungkin agar anak-anak, keluarga, dan saudara kita bisa mengikuti program ini. Semoga informasi yang admin berikan bisa bermanfaat.