Daftar Portal SNBP Kemendikbud Bagi Siswa Eligible TA 2025/2026


Daftar Portal SNBP Kemendikbud Bagi Siswa Eligible TA 2025/2026 - Tiga tahun berlalu begitu cepat menyisahkan satu semester akhir menuju peralihan dari status pelajar menuju ke mahasiswa, semua berawal dari mimpi dan cita-cita yang sudah disiapkan sejak jauh-jauh hari, dari mulai mengejar nilai terbaik dan mengikuti banyak bimbel untuk mendongkrak nilai setiap semesternya.

Menempatkan kita pada posisi 10 besar di kelas memberikan kesempatan bagi kita semua untuk mengikuti jalur seleksi SNBP, diantaranya disetiap akhir tahun siswa dapat melaporkan ke pihak sekolah setelah lulus ingin lanjut kuliah, bahkan beberapa siswa/i yang berprestasi sebelum melaporkan diri kuliah biasanya sudah direkomendasikan untuk mengikuti SNBP sebelum mereka menyampaikan kepada pihak sekolah.



Bahkan di sekolah unggulan tidak hanya peringkat 10 besar saja yang dapat ikut SNBP tetapi juga hampir seluruh siswa/i yang berada di kelas 12 bisa turut serta dengan ketentuan jumlah keseluruhan peserta 40% dari total. Ini memberikan peluang hampir setengah dari total besar kemungkinan yang bisa ikuti seluruhnya, bahkan beberapa siswa/i yang memiliki kedekatan dengan guru disekolah dapat ikut serta meski secara nilai kalah dari yang lain.

Apakah yang tidak memiliki peringkat di kelas tidak bisa ikut misalhnya kedua ketentuan seperti peringkat 10 besar atau bersekolah di sekolah unggulan, tentunya tidak sepenuhnya benar, karena ada saja anak-anak yang memiliki bakat dan prestasi non akademik seperti olahraga atau bidang seni, meskipun tidak memiliki nilai tinggi tetapi jika memili prestasi khusus dapat ikut serta mendaftar SNBP.

Jika kita membahas Eligible siswa yang seperti apa sudah dibahas diatas, Eligible merupakan siswa yang memenuhi syarat mengikuti SNBP, secara umum jalur ini mengutamakan prestasi akademik atau non akademik, jadi bagi yang dirasa nilai rapot yang dimiliki standar jangan berkecil hati masih ada jalur tertulis yang dapat diikuti, namun kita tidak akan membahasnya disini tetapi dilain kesempatan.

Siswa Eligible Yang Bisa Mendaftar SNBP
  1. Memiliki prestasi akademik disekolah dibuktikan dengan nilai rapot meski tidak masuk dalam 10 besar tetapi jika rata-rata nilai diatas 85-100 maka dipastkan bisa ikut.
  2. Sekolah unggulan dapat mengirim siswa/i dengan persentase 40% dengan akreditasi A dan mengikuti 30% B, akreditasi C 20% hingga yang belum terakreditasi masih bisa mendapatkan jatah 5%.
  3. Selain nilai rapot siswa/i yang tidak memiliki nilai tinggi tetapi memiliki prestasi non akademik yang baik maka bisa diikutkan di SNBP.
  4. Semua proses Eligible dalam memilih siswa/i yang akan diikut sertakan dalam SNBP tergantung dari pihak sekolah yang memilih. Segera kabari sekolah jika berminat ikut seleksi SNBP jangan sampai anda memiliki nilai baik tetap guru tidak tau kalau ada niat untuk kuliah.
Mendaftar Portal SNBP Kemdikbud 

  1. Kompirmasi ke sekolah untuk memastikan anda mengikuti SNBP atau tidak setelah eligile maka dapat melakukan pendaftaran akun diawal tahun.
  2. Klik https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id silahkan untuk registrasi akun dengan memilih SNBP sebagai seleksi.
  3. Pelaksanaan Pendaftaran Januari-Februari
  4. Lakukan finalisasi akun setelah semua terdaftar.
Mengisi Pendaftaran SNBP
  1. Apabila akun sudah siap silahkan login untuk mulai mengisi data.
  2. Pengisian data dimulai dari Pengisian Biodata
  3. Data Pendidikan
  4. Data Keluarga
  5. Data Ekonomi keluarga
  6. Pemilihan Program Studi dan Kampus PTN yang diminati.
  7. Pilih program studi sesuai dengan rekomendasi dari sekolah berdasarkan nilai rapot yang paling tinggi/sesuai minat.
  8. Preview data, kirim
  9. Finalisasi
  10. Cetak Kartu
Pengumuman
  1. Pelaksanaan Pengumuman akan dilaksankaan setelah proses seleksi berdasarkan nilai rapot dan data yang sudah diisi, tidak ada seleksi tertulis dalam SNBP jadi tinggal menunggu hasil setelah selesai.
  2. Tunggu sampai proses pengumuman dilaksankaan cek ke website https://pengumuman-snbp-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id masukan nomor pendaftaran dan tanggal lahir cek hasil.
  3. Jika lulus ikut pendaftaran ulang dan lapor diri ke PTN
  4. Jika tidak lulus ikut jalur lain seperti SNBT atau Mandiri PTN.
Beberapa Tips Lulus SNBP Yang Harus di Perhatikan.
  1. Trecking alumni yang sudah lulus PTN mana saja dan program studi apa saja yang dipilih.
  2. Usahakan untuk sama dengan alumni maka peluang lulus akan lebih besar, beberapa PTN akan mempertimbangkan lulusan alumni yang sudah masuk ke PTN sebagai salah satu pertimbangan.
  3. Hindari untuk memilih program studi dan kampus yang sama dengan teman satu angkatan saat mendaftar SNBP agar tidak terjadi persaingan antar siswa/i yang ada di sekolah.
  4. Pilih program studi yang memiliki peminat sedikit.
Secara umum engilble tersebut adalah memenuhi persyaratan agar dapat mengikuti pendaftaran SNBP, semoga apa yang admin sampaikan dapat memberikan informasi tambahan sebagai referensi untuk menyusun strategi dan tidak lupa doa admin semoga tahun ini yang membaca artikel ini bisa lulus SNBP, persiapan akan dilakukan akhir tahun dan pada tahun depan baru dibuka pendaftaran SNBP.