Kapan Bulan Berapa Persiapan Pelaksanaan SNBP dan SNBT TA 2025/2026 Dimulai ?


Kapan Bulan Berapa Persiapan Pelaksanaan SNBP dan SNBT TA 2025/2026 Dimulai ? - Persiapan seleksi nasional berbasis prestasi akan dilaksanakan pada awal tahun, perlu diketahui meski diawal tahun sekitar bulan Januari-Februari, proses persiapan harus dilakukan sejak akhir tahun sebelum masuk tahun depan, biasanya sekolah dan guru mulai memetakan minat dan bakat sejak semester awal semester 2.

Komunikasi yang dilakukan oleh pihak sekolah biasanya dilakukan oleh masing-masing wali kelas, dimana pihak sekolah akan mengirim angket yang akan diisi oleh peserta didik dirumah bersama dengan orang tua, untuk memastikan semua minat dan bakat yang akan dipilih oleh peserta didik. Terutama untuk sekolah yang memiliki jumlah peserta didik banyak.

Persiapan akan dilakukan mulai bulan November hingga Desember, namun tidak semua melakukan persiapan lebih panjang sekolah yang berada di daerah akan lebih pendek persiapannya, dibandingkan dengan sekolah yang ada di Kota. Pengalaman admin menjadi wakil kepala sekolah bidang kurikulum pemetaan peserta didik mulai dilakukan pada rapat semester 1.

Dimana orang tua akan dipanggil untuk ditanya terkait jurusan yang akan diambil nantinya, bagi peserta didik yang berminat kuliah dan merasa belum mendapatkan panggilan dari sekolah untuk persiapan segera beritahukan kepada wali kelas masing-masing untuk pendataan di sekolah. Untuk sekolah yang unggulan biasanya peserta didik akan diikutkan tes minat bakat yang diselenggarakan oleh Kemdikbud diakhir tahun.

Tahun ini menjadi tahun berbeda dengan aturan baru setelah ditiadakan jurusan sekolah penghapusan jurusan memberikan dampak positif terutama bagi lulusan SMA sederajat yang dapat memilih jurusan lebih leluasa dibandingkan dengan tahun sebelum, pemilihan jurusan kuliah akan dilihat dari nilai rata-rata tertinggi dari setiap mata pelajaran.

Meski jurusan pada tingkat sekolah menengah atas sudah dihapuskan tetapi pemilihan program studi tidak bisa dilakukan sesuka hati, pertimbanga nilai rapot menjadi salah satu indikator penting untuk memilih program studi saat kuliah, seperti contoh peserta didik A, ingin kuliah program studi pendidikan kedoteran tetapi setelah dilihat nilai rapot ternyata nilai dominan seperti bahasa, PJOK dan Ekonomi maka tidak bisa ikut.

Ada pra syarat pemilihan program studi di SNBP berdasarkan nilai rapot, setiap jurusan yang akan dipilih harus memiliki referensi pada rumpun ilmu yang sama, proses SNBP akan menjadi salah satu kegiatan yang cukup sibuk di satuan pendidikan, karena sejak awal sekolah harus memiliki data peserta didik yang ingin kuliah dan pemilihan program studi.

Adapun rincian pelaksanaan dan persiapan SNBP dan SNBT tahun ini yang akan dilaksanakan pada bulan Januari-Februari sebagai berikut :

1. Persiapan Pemetaan Sekolah November-Desember, Akhir semster 1.

Sekolah biasanya akan memberikan angket untuk diisi oleh peserta didik dirumah, setelah lulus apakah mau kuliah atau tidak, bersamaan dengan pengambilan rapot semester 1, namun jika sekolah tidak melakukan prosedur tersebut, peserta didik yang merasa ingin kuliah dapat melaporkan diri kepada wali kelas masing-masing terutama mereka yang masuk dalam peringkat 10 besar memiliki minat kuliah agar nantinya dimasukan dalam data sekolah.

2. Desember Fase Input Data Oleh sekolah terhadap peserta didik yang memenuhi kriteria.

Pada fase akhir tahun setiap sekolah mulai sibuk untuk mempersiapkan peserta didik terbaik mereka untuk menginput data ke data PDSS, agar anak-anak bisa mengikuti seleksi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, komunikasikan kepada wakil kepala sekolah bidang kurikulum dan operator sekolah apabila ingin ikut. Sekolah memiliki wewenang untuk memilih siapa saja peserta didik yang layak ikut SNBP.

3. Januari awal tahun hingga Februari Pembuatan akun bagi peserta didik

Proses pemilihan akan diumumkan oleh sekolah, nantinya peserta didik dapat mengikuti arahan dari sekolah untuk membuat akun SNBP terlebih dahulu agar pada saat pembukaan pendaftaran bisa mendaftaran.

4. Khusus Yang Tidak Terpilih Ikut SNBP dan Berencana Ikut SNBT segera buat akun SNBT Dibulan yang sama.

Pada bulan yang sama peserta didik SNBP membuat akun untuk login sedangkan yang lain jika berminat kuliah melalui jalur SNBT juga ikut mendaftar akun, meski pendaftaran masih lama tetapi pembuatan akun kedua jalur ini dilaksanakan secara bersamaan mereka yang tidak membuat akun sampai batas waktu yang sudah ditentukan dipastikan tidak bisa  ikut jalur SNBT jadi rajin cek informasi pembuatan akun.

5. Penghapusan Jurusan pada tingkat SMA akan Berdampak pada Sistem Seleksi.

Mengingat seleksi SNBP menggunakan nilai rapot maka penghapusan jurusan menjadi tantangan tersendiri pastikan memilih program studi kuliah sesuai referensi nilai rapot yang paling unggul karena pemilihan prodi yang tidak sesuai nilai rapot akan menyebabkan peserta didik gagal dalam seleksi meski bebas memilih prodi tetapi pertimbanganya tetap pada nilai rapot.

Secara keseluruhan dapat disimpulkan proses persiapan dan hingga pelaksanan akan mulai dilaksanakan oleh sekolah pada bulan November hingga Desember untuk mempersiapan proses pendaftaran bagi calon peserta yang memenuhi kriteria sekolah membutuhkan data yang harus dipersiapan sejak jauh-jauh hari.

Bagi peserta didik yang berminat kuliah segera laporkan diri kepada pihak sekolah bisa melalui wali kelas masing-masing pada akhir tahun, mengingat proses seleksi akan memakan waktu pada semester 2 maka harus disiapkan sejak akhir tahun, jangan sampai pada awal tahun baru kelabakan, pelaksaan akan dijadwalkan pada bulan Januari-Maret segera lakukan persiapan dari sekarang.