Pendaftaran Pengumuman Formasi PPPK Kabupaten Kota Seluruh Sumsel 2024/20205


Pendaftaran Pengumuman Formasi PPPK Kabupaten Kota Seluruh Sumsel 2024/2025 - Ketidak pastian kebijakan dan aturan membuat sebagian besar daerah enggan merekrut PPPK, terbukti dari 13 kabupaten yang ada di Sumatera Selatan tidak semua membuka formasi untuk PPPK. Namun hal ini berubah seiring penjelasan dari beberapa instansi bahwa sistem PPPK akan menjadi pintu awal untuk menjadi PNS.

Selama 1 tahun masa kerja sama seperti latsar bagi ASN nantinya semua karir PNS akan dimulai dari PPPK terlebih dahulu, Kemdikbud akan menjadi salah satu instansi yang akan memulai sistem ini mulai tahun depan dan seterusnya, tentunya sesuai dengan edaran Menpan ini akan berdampak positif dan diharapkan dapat diikuti oleh instansi lain dalam waktu dekat.

Kekawatiran ketidak pastian mengenai PPPK sempat menjadi masalah cukup serius terutama bagi formasi kabupaten yang di daerah tidak banyak membuka formasi PPPK, sebaliknya banyak pemerintah kabupaten menunggu formasi CPNS, tidak mengherankan hal ini terjadi mengingat masih banyak terjadi perubahan ketakutan pemerintah daerah bukan tidak berdasar.

Selain akan terjadi transisi kepemimpinan presiden yang akan mengubah bahkan mencabut aturan yang sudah ditetapkan dan terlanjut menerima banyak PPPK akan menjadi masalah dikemudian hari, selain itu sistem baru ini dari berbagai aturan belum jelas karena masih banyak tumpang tindih, satu sisi pemerintah daerah merekrut melalui perjanjian kontrak tetapi disisi lain perjanjian tersebut mengingat.

Dengan adanya berbagai penjelasan maka ditahun ini pemerintah daerah tengah mempersiapkan formasi yang akan dibuka, jika tahun sebelumnya masih banyak kabupaten yang ada di Sumatera Selatan sedikit membuka formasi PPPK dan hanya di dominasi oleh kota serta kabupaten baru pemekaran yang secara masif membuka formasi PPPK.

Sekarang semua kabupaten telah mendapatkan kejelasan terhadap sistem PPPK sebagai pintu awal karir seorang PNS selalu akan dimulai dari 1 tahun PPPK setelah itu mereka yang lulus tes dapat menjadi PNS sepenuhnya, jadi tidak ada Latsar untuk CPNS seperti dahulu. Berdasarkan data tahun sebelumnya beberapa kabupaten, kota telah membuka formasi PPPK dengan jumlah terbanyak sebagai berikut :

Formasi PPPK Tahun Ini

  1. Ogan Komering Ulu Sedang
  2. Ogan Komering Ilir Sedang
  3. Muara Enim Banyak
  4. Lahat Banyak
  5. Musi Rawas Sedikit
  6. Musi Banyuasin Banyak
  7. Banyuasin Banyak
  8. Ogan Komering Ulu Selatan Sedang
  9. Ogan Komering Ulu Timur Sedang
  10. Ogan Ilir Sedang
  11. Empat Lawang Banyak
  12. Penukal Abab Lematang Ilir Banyak
  13. Musi Rawas Utara Sedikit
  14. Palembang Banyak
  15. Prabumulih Banyak
  16. Pagar Alam Banyak
  17. Lubuk Linggau Sedang
Beberapa daerah seperti Palembang, Banyu Asin, PALI, Empat Lawang, Prabumulih, Lahat dan Pagar Alam menjadi yang terbanyak membuka formasi PPPK setiap tahun terutama di dominasi oleh formasi guru dan teknis, dari alasan kota membuka banyak formasi untuk meningkatkan SDM tidak heran jika kota membuka formasi PPPK untuk memenuhi kebutuhan ASN yang pensiun secara masal.

Untuk daerah lain memang belum banyak dibuka diharapkan tahun ini sistem PPPK di seluruh kabupaten kota yang ada di Sumatera Selatan tersebar secara merata, diharapkan tidak ada penolakan usulan formasi PPPK oleh kepala daerah. 

Kepala daerah seperti bupati juga memiliki alasan tersendiri seperti Musi Rawas Utara yang lebih formas diawal pemekaran untuk pembangunan infrastruktur, apabila dikemudian hari sudah terpenuhi baru fokus pada SDM yaitu pemenuhan kebutuhan ASN untuk pelayanan publik. 

Dengan penegasan pemerintah pusat terhadap kebijakan rekrutmen PPPK berdampak positif mulai tahun ini hampir seluruh kabupaten kota sudah mengajukan formasi untuk PPPK yang paling dominan daerah banyak membuka formasi, Palembang, Banyu Asin, Musi Banyu Asin, Lahat, Pali, Empat Lawang, Prabumulih dan kabupaten lainnya.

Tahun pemerintah menyediakan formasi PPPK untuk P1, P2, P3, P4 dimana sudah sebagian besar P1 dan P2 diangkat PPPK hanya sisanya dan akan di dominasi oleh P3 dan P4, dari prioritas 4 hanya untuk mereka yang mengajar di negeri sementara guru swasta yang terikat kontrak kerja dengan yayasan belum bisa ikut dengan berbagai alasan karena banyak yayasan protes sebab guru terbaik mereka hilang ikut seleksi PPPK dan dinyatakan lulus.

Mayoritas formasi yang dibuka di Sumatera Selatan banyak mengingat formasi PPPK tahun lalu saja masih belum terpenuhi ditambah dengan tahun ini, untuk mendaftar formasi PPPK berikut syarat yang harus dipenuhi :
  1. Sudah melakukan verval ijasah melalui dapodik.
  2. Pastikan melakukan verval ijasah sebelum PPPK resmi dibuka.
  3. Guru yang mengajar di satuan pendidikan negeri tidak terikat kontrak dengan pihak swasta.
  4. Lulusan yang memiliki sertifikat profesional pada bidang masing-masing.
Syarat utama yang harus dipenuhi apabila ingin mendaftar PPPK tahun ini adapun langkah yang harus diikuti jika ingin melamar PPPK Sumsel seperti berikut :

  1. Untuk mendaftar silahkan kunjungi https://sscasn.bkn.go.id
  2. Cek formasi dapat dilakukan melalui website yang sama SSCASN atau melalui BKPSDM masing-masing kota dan kabupaten tujuan pelamar.
  3. Memersiapkan diri mengikuti dengan menyiapkan berkas pendaftaran.
  4. Membeli e-matrai untuk menghindari error stok e matrai dari jauh-jauh hari karena E-Matrai bisa digunakan sampai 2 tahun.
  5. Hindari melamar diakhir penutupan pendaftaran.
Proses pendaftaran akan dibuka bulan Oktober dan dilanjutkan dengan selesai pada bulan berikutnya semua pelamar yang memenuhi syarat bisa ikut seleksi. Untuk informasi lebih lanjut seperti jadwal dan mekanisme pendaftaran akan diupdate menjelang pendaftaran PPPK.