Bingung dengan UM PTKIN? Ini Panduan Lengkap agar Kamu Siap 100%! 2025/2026


Bingung dengan UM PTKIN? Ini Panduan Lengkap agar Kamu Siap 100%! 2025/2026 - UM PTKIN adalah Ujian Masuk khusus kampus keagamaan islam negeri, untuk jalur tertulis ini cukup populer hal ini dikarenakan calon pelamar menginginkan biaya UKT yang murah jika dibandingkan dengan jalur mandiri selisih biaya persemester cukup jauh, jadi banyak yang ikut terlebih jalur seleksi tidak berjauhan dengan jalur tertulis mandiri menjadi salah satu jalur favorite yang diikuti.

Karena tertulis maka pertimbangan kelulusan ditentukan oleh hasil ujian oleh sebab itu perlu dipersiapkan tidak cukup hanya sekedar ikut tes saja tetapi harus memenuhi ambang batas yang sudah ditentukan oleh kampus, terlebih bagi yang tidak bisa ikut jalur prestasi maka pasti menunggu seleksi jalur ini.

Untuk yang ikut jalur lain jangan kwatir untuk pelaksanaan ujian biasanya tidak berbarangan dengan jalur sejenis hal ini untuk memaksimalkan jumlah pendaftaran karena selain jalur khusus ini ada juga jalur tertulis khusus perguruan tinggi negeri lainnya. Untuk mempersiapkan diri harus melakukan pendaftaran mellaui situs resmi um-ptkin.ac.id semua jadwal dan sayarat dapat dicek secara online.

Untuk beberapa ketentuan atau syarat agar bisa mengikuti UM PTKIN berikut beberapa persiapan yang harus dilengkapi sebagai berikut :

Persiapan Adminstrasi

  • Ijazah atau SKL (Surat Ketarangan Lulus) dari sekolah asal.
  • Pas foto terbaru berpaikan sopan dan rapi.
  • Terdapat biaya pendaftaran untuk nominal akan di infokan melalui website resmi.

Jenis Soal dan Materi Ujian

Pada umumnya tes tertulis untuk mengukur kemampuan akademik dan pengetahuan dasar agama maupun bidang studi. Agar dapat menjawab pertanyaan dengan baik mulailah belajar soal-soal tahun sebelumnya agar terbiasa dengan pola dan tipe soal.

Manajemen Waktu Saat Mengerjakan

Ada batas waktu saat pengisian soal, pastikan tidak menjawab soal lebih dari 1-2 menit setiap soalnya semakin cepat akan semakin baik, fokus pada soal yang mudah terlebih dahulu dan sisakan yang sulit untuk dikerjakan diakhir. Baca terlebih dahulu soal baru kemudian mengisi, selain itu ada opsi untuk menandai soal yang belum selesai atau ragu-ragu. Tidak perlu buru-buru menyelesaikan soal pastikan kerjakan soal sampai batas akhir hingga waktu menutup sendiri. Jika sudah selesai gunakan waktu yang tersisa untuk mengecek jawaban kembali.

Cara Memilih Kampus dan Jurusuan dengan Bijak

Meski pemilihan jurusan pertimbangannya adalah sesuai minat perlu mempertimbangkan daya tampung dan passing grade, dari mana kita mengetahuinya dari setiap website kampus jika data tahun ini tidak ada maka pastikan untuk menggunakan referensi tahun lalu sebagai pertimbangan pemilihan jurusan maupun kampus.

Antisipasi Pengumuman dan Langkah Setelah Lolos

Persiapan dokumen lengkap setelah pengumuman terutama bagi yang lolos, saat ini dengan adanya sistem online maka dokumen yang dipersiapkan berupa scan dokumen asli, selain itu jangan lupa melakukan pendaftaran ulang sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Informasi dapat dicek melalui masing-masing website kampus.

Bagaimana Jika Tidak Lolos ?

Gagal bukan menjadi penghalang untuk kuliah di PTKIN karena masih ada jalur lain seperti jalur mandiri, meski dari biaya UKT jauh lebih mahal tetapi jauh lebih baik dibandingkan tidak mengikuti tes.

Tips Menjaga Motivasi Agar Tetap Tinggi

Dukungan keluarga menjadi salah satu faktor pendorong dari luar sementara dari dalam diri harus ditanamkan apapun kesulitan yang akan dilalui semua untuk menggapai masa depan yang lebih baik. Tidak ada yang bisa membuat sukses kecuali diri sendiri terus berlatih dan belajar dengan giat.

UM PTKIN merupakan peluang besar bagi peserta didik untuk dapat melanjutnya ke jenjang perguruan tinggi terutama bagi yang konsen terdap jurusan keagamaan untuk dapat menggapai sukses di dunia maupun di akhirat.