Faktor Mempengaruhi Lolos SNBP Tanpa Banyak Prestasi ? TA 2025/2026


Faktor Mempengaruhi Lolos SNBP Tanpa Banyak Prestasi ? TA 2025/2026 - Banyak sekali pertanyaan yang muncul dalam benak kita terkait dengan sistem SNBP atau seleksi menggunakan prestasi, atau kalau alumni bilang seleksi jalur langit dimana ditentukan dengan nilai rapot prestasi akademik maupun prestasi non akademik. Banyak sekali yang bertanya apakah jika nilai rapot yang didapat tidak tinggi apakah masih bisa ikut SNBP.

Hal itu sangat bergantung pada sekolah masing-masing, secara umum jika yang digunakana adalah prestasi akademik maka dipastikan rapot harus memiliki nilai rata-rata tinggi, namun ada beberapa kasus dimana seseorang memiliki prestasi non akademik seperti olaharaga dan Seni sampai pada tingkat tertinggi bahkan Internasional, sementara nilai rapot mereka standar saja tetap bisa ikut.

Hanya saja relevansi terhadap pemilihan jurusan harus dipertimbangkan bahkan jika ikut SNBP kita tidak bisa memilih jurusan jika tidak sesuai dengan rekomendasi maupun data yang ada, tidak seperti jalur tertulis yang bebas memilih. 

Pertanyaan lain juga seringkali muncul dan sering ditanyakan setiap tahun dimana sistem seleksi SNBP ini seperti apa, karena ada beberapa peserta didik yang memiliki rata-rata nilai rapot standar tetapi tetap lulus dan beberapa yang nilainya tinggi malah tidak lulus, tentu untuk menjawab hal tersebut ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi kelulusan maupun penilaian untuk bisa lulus.

Untuk memahami apa saja dan agar tidak salah dalam mengisi data disarankan untuk membaca pertanyaan penting sebelum melakukan pendaftaran terutama bagi peserta didik yang memiliki banyak pilihan bukti prestasi yang harus diisi apa saja untuk lebih jelas simak seperti berikut ini :

5 Jenis Prestasi Yang Tak Terduga, Tapi Bisa Bikin Lolos SNBP

  • Prestasi Yang Mencerminkan Profil Pelajar Pancasila yang ada di sekolah seperti prestasi keagamaan, OSIS.
  • Prestasi Ekstrakulikuler di sekolah.
  • Prestasi yang diperoleh selama sekolah baik non akademik/akademik maupun projek di sekolah.
  • Prestasi lomba berafiliasi dengan pemerintah daerah/kota.
  • Prestasi yang di adakan oleh Perguruan Tinggi Negeri.
Meski prestasi yang diperoleh hanya tingkat regional atau lingkung kecil tetapi 5 prestasi ini akan sangat membantu peserta didik dalam menentukan kelulusan, jangan anggap remeh prestasi yang di dapat meski hanya tingkat sekolah saja karena berdasarkan studi kasus yang sudah lolos semua prestasi tersebut dapat menjadi pertimbangan kelulusan.

Strategi Lolos SNBP Untuk Yang bersekolah di Desa

Hampir sebagian besar pelamar SNBP berasal dari daerah dimana sekolah asal berada di desa dan cukup di pinggiran, jangan minder dengan orang-orang kota karena semua memiliki kesempatan lolos yang sama hanya saja dari segi pemilihan program studi harus tepat, jangan pilih program studi saat SNBP yang tidak ada peluang kerjanya di desa.

Membuat seseorang setelah lulus pindah ke kota karena jurusan tidak ada di daerah seperti pekerjaan ilmu komunikasi, atau hukum mayoritas ada di kota, jika memang kita yang dari desa pasti harus pindah di daerah meskipun saat ini antara pedesaan dan perkotaan tidak memiliki perbedaan jauh tetapi tetap harus diperhitungkan.

Program studi yang cocok seperti kuliah di Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Perikanan dan jurusan serupa yang masih berpotensi ketika lulus tetap bisa bekerja di desa tanpa harus pindah ke kota besar meninggalkan tempat asal. Pertimbangan ini menjadi penting apabila sekolah di desa.

Apa Yang Dilihat Dari Penilaian SNBP

Fakta yang jarang diketahui oleh peserta SNBP adalah ternyata ada banyak nilai rapot dengan rata-rata yang sama setiap orang, maka untuk menentukan peringkatan yang layak perguruan tinggi negeri akan mempertimbangkan beberapa kriteria kelulusan sebagai berikut :
  • Reputasi dan nama besar sekolah akan menjadi pertimbangan penting untuk penilaian kelulusan SNBP.
  • Nilai Rapot, sekolah dengan guru terbaik dan royal memberikan nilai tinggi akan diuntungkan sementara sekolah dengan guru yang pelit nilai sangat tidak mendukung, rata-rata nilai rapot yang bisa mengantarkan lulus SNBP diatas 85 sampai 100.
  • Prestasi dengan bukti baik tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota hingga Nasional maupun Internasional.
  • Track Record alumni yang sudah lulus di PTN tujuan dari sekolah kalian menjadi pertimbangkan seberapa berprestasi alumni tersebut atau misal banyak yang drop out akan menjadi penentuan kelulusan SNBP.
  • Pemetaan dari sekolah sangat penting untuk menghindari persaingan satu sekolah pada PTN maupun program studi hindari memilih program studi yang sama dengan rekan lainnya.


Bisakah Lulus SNBP Tanpa Banyak Prestasi

Tentu bisa tetapi harus memiliki nilai rapot diatas 85 meski tidak banyak memiliki prestasi maka nilai rapot tersebut cukup untuk lulus SNBP dengan syarat memilih perguruan tinggi negeri yang berada di satu provinsi atau memilih PTN lain diluar provinsi dengan peringkat yang lebih rendah dari PTN yang ada di daerah domisili. Besar kemungkinan untuk bisa lulus karena utamanya seleksi SNBP menggunakan nilai rapot jadi tidak apa-apa jika kalian tidak memiliki banyak prestasi hal ini sudah dibuktikan dari beberapa studi kasus tetangga rumah admin dimana beliau hanya memiliki nilai rapot tinggi tetapi memiliki 1 sertifikat rohis sekolah dan lulus SNBP.

Apakah Prestasi Digital Akan Diutamakan ?

Berdasarkan pengalaman ternyata pertimbangan prestasi digital juga bisa menjadi nilai tambah seperti jika anda seorang selegram yang sedang mengikuti SNBP maka jika diminta untuk mencantumkan sosial media maka pastkan untuk menyertakan karena bisa menjadi nilai tambah, bahkan beberapa PTN maupun PTS membuka jalur khusus untuk yang memiliki syarat prestasi digital.

Beberapa faktor penting yang perlu dibaca sebelum mengikuti SNBP jangan sampai karena salah strategi jadi tidak lulus dan membuang kesempatan yang hanya bisa diikuti satu kali selama seumur hidup maka dari itu penting untuk mempersiapkan diri dan memahami secara mendalam terkait dengan hal penting dan harus diperhatikan saat pendaftaran maupun seleksi SNBP.