Pendaftaran Pendampingan Seleksi ASN PPPK Guru Laman gurupppk.kemdikbud.go.id & daftar-sscasn.bkn.go.id/akun Ta 2024/2025


Pendaftaran Pendampingan Seleksi ASN PPPK Guru Laman gurupppk.kemdikbud.go.id & daftar-sscasn.bkn.go.id/akun Ta 2024/2025 Sudah resmi pemerintah telah membuka penerimaan seleksi PPPK khusus guru yang akan dilaksankaan pada bulan ini, simpang siur siapa saja yang bisa ikut dan tidak bisa ikut sudah keluar, pada intinya semua guru honorer yang terdaftar di dapodik baik dari sekolah negeri maupun sekolah swasta dapat mengikuti seleksi PPPK.

Selain itu tidak perlu di kwatirkan lulusan PPG tidak akan bersaing dengan para pelamar honorer karena waktu pelaksanaan terpisah jadi tidak perlu kwatir atau takut formasi habis diambil lulus PPG yang memiliki nilai afirmasi 100%, ini kesempatan besar bagi para guru honorer yang aktif mengajar selama ini.


Mengingat tahun ini akan menjadi tahun transisi pada kebijakan, jangan sia-siakan kesempatan ikut seleksi karena belum tentu formasi dibuka tahun depan sebanyak tahun ini. Terlebih Kemdibud telah memperjelas jenjang karir PNS akan dimulai dari PPPK itu artinya tidak akan terjadi masalah dikedian hari.

Sebelumnya para honorer masih merasa ragu untuk ikut karena alasan tersebut tetapi untuk tahun ini akan sangat berbeda sudah jelas, maka dari itu dalam hitungan hari persiapkan diri untuk mengikuti seleksi dengan mempersiapkan berkas pendaftaran, segera komunikasikan dengan sekolah induk untuk melakukan kelengkapan berkas adapun poin penting yang harus dipersiapkan agar bisa ikut seleksi sebagai berikut :

Apa saja yang harus Di Persiapan Sebelum Mendaftar Seleksi ASN PPPK Guru ?

Masalah adminstrasi seringkali muncul seperti pada kasus pindah alamat KTP dan lainnya membuat data tidak valid lakukan langkah berikut untuk melakukan pengecekan.

  1. Cek kembali NIK apakah sudah tervalidasi di halaman daftar-sscasn.bkn.go.id/akun Jika terkendala segera lakukan validasi ke Capil setempat sesuai domisili KTP.
  2. Khusus untuk guru yang terdaftar di dapodik lakukan vervalptk.data.kemdikbud.go.id komunikaskan dengan operator sekolah
  3. Ijasah S1 atau DIV harus terverifikasi untuk cek silahkan di info.gtk.kemdibud.go.id

Siapa Saja Yang Bisa Ikut Seleksi ASN PPPK Guru ?

  1. Pelamar Prioritas.
  2. Guru eks Tenaga Honorer Katagori II (eks THK-II)
  3. Guru Non-ASN instansi daerah, terdata di database BKN aktif dapodik, atau yang terdata di dapodik juga bisa ikut.
  4. Lulusan PPG bukan merupakan saingan karena akan dilaksanakan pada tahap 2 jadi para guru tidak perlu kwatir bersaing dengan lulusan PPG karena seleksinya terpisah.

Apa saja Persyaratan Yang Perlu di Persiapkan ?

1. Pelamar Priortias

  1. Pelamar aktif mengajar di sekolah negeri dilengkapi surat keterangan aktif dari sekolah induk di tanda tangani oleh kepala sekolah.
  2. Pelamar priortias aktif mengajar di sekolah swasta melengkapi surat izin mengikuti seleksi PPPK dari Ketua Yayasan.
  3. Pelamar prioritas yang tidak terdata aktif dalam dapodik melengkpai surat mengikuti seleksi dari kepala dinas pendidikna instansi pemerintah yang akan dituju.

2. Pelamar EKS THK-II

  1. Guru aktif terdaftar eks THK II dan aktif di dapodik memiliki dengan kelengkapan surat ketarangan aktif menajar dari kepala sekolah.

3. Guru Non ASN di Instansi Daerah

  1. Guru aktif mengajar di sekolah negeri walaupun tidak terdata bisa ikut dengan melengkapi surat keterangan aktif mengajar ditanda tangani oleh kepala sekolah.
  2. Guru dari sekolah swasta aktif mengajar dan terdata di dapodik paling sedikit 2 tahun. Melengkapi surat keterangan aktif mengajar dari kepala Yayasan.

4. Lulusan PPG

  1. Lulusan PPG Prajabatan, PPG Calon Guru, PPG Dalam Jabatan, PPG Guru Tertentu yang belum berstatus ASN dapat mengikuti pada tahap 2.

Pelaksanaan Pendaftaran Seleksi ASN PPPK 

  1. Tahap 1 untuk Prioritas 1,2,3 guru honorer negeri maupun swasta 1-20 Oktober.
  2. Tahap 2 Hanya pelamar Lulusan PPG dibuka 17 November - 31 Desember.

Informasi Pendaftaran Dan Pendampingan Seleksi ASN PPPK Guru 

  1. Dapat diakses melalui porta resmi gurupppk.kemdikbud.go.id
  2. Pendaftaran Melalui daftar-sscasn.bkn.go.id/akun
Demikian informasi yang bisa admin sampaikan semua data diperoleh dari ditjen gtk kemdikbud dan terverifikasi tidak perlu kwatir ini merupakan informasi resmi yang disampaikan secara terbuka.