PPPK Periode 2: Panduan Lengkap Bagi Lulusan PPG Calon Guru Untuk Sukses Seleksi


PPPK Periode 2 Tahun 2024: Panduan Lengkap Bagi Lulusan PPG Calon Guru Untuk Sukses Seleksi - Pemerintah pusat akan memberlakukan sistem seleksi PPPK khusus lulusan PPG Calon Guru dimana semua kuota dan persaingan hanya akan di isi oleh lulusan PPG, tidak ada lagi istilah mengambil jatah kuota umum, melalui kuota khusus ini para lulusan terbaik calon guru akan bertempur sekuat tenaga untuk bisa lolos dengan modal awal nilai 100% teknis.

Meski ada penambahan nilai yang cukup signifikan dengan total 450 hal ini tidak akan berpengaruh pada sistem seleksi karena pesaing memiliki modal yang sama dengan kata lain para lulusan khusus ini akan diberikan kesempatan dan bersaing secara sehat. Hal ini tidak ada lagi kelulusan otomatis karena penambahan nilai.




Beberapa program studi yang memiliki kuota penerimaan PPPK sedikit akan memperebutkan perangkingan, tidak menutup kemungkinan ada yang tidak lulus karena menumpuk pada formasi yang sama, untuk itu perlu dilakukan penelusuran mendalam terkait maping jangan sampai over pendaftar agar tidak terjadi kegagalan.

Bagi program studi yang membuka kuota 50% maka harus bersiap untuk mencari lokasi formasi masih tersedia tidak menutup kemungkinan dan diharuskan untuk memilih bahkan diluar domisi, bahkan jauh dari provinsi asal. Tidak ada keharusan untuk mengikuti sistem maping namun untuk bisa langsung lulus maka rekan-rekan PPG harus dipertimbangkan.

Persaingan yang terjadi antar lulusan PPG seluruh Indonesia akan menyisahkan banyak cerita dimana tentunya pasti ada saja yang tidak lulus mengingat kuota formasi yang diajukan pemerintah daerah tidak mampu menyerap seluruhnya lulusan PPG tahun ini terutama program studi yang memiliki jumlah terbanyak.

Tidak perlu disebuthkan program studi yang dimaksud karena seluruh rekan PPG pasti sudah mengetahui dan sebelum mendaftar harus memikirkan nya dengan matang, banyak alumni dari PPG Calon Guru sudah mempersiapkan diri ketikan nanti tidak lulus harus kemana karena tidak mungkin selama satu tahun mengganggur.

Banyak sekolah swasta yang memanfaatkan peluang tersebut dengan siap membayar dari jika mengajar di Yayasan sertifikat pendidikan 50% dari gaji pokok, ini menjadi batu loncatan bagi rekan-rekan yang kemungkinan tidak terserap secara penuh pada tahun ini sembari menunggu pembukaan tahun berikutnya.

Tentu kita tidak berharap tidak lulus seleksi namun secara rasional pasti ada saja yang tidak lulus pada seleksi tahun ini. Melalui P3K Periode 2 dibuka secara resmi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar dapat terserap tahun ini pertimbangan berikut menjadi salah satu opsi yang harus dipersiapkan sebelum memilih formasi untuk lebih jelas seperti berikut :

1. Apa Itu PPPK Periode 2 dan Siapa Yang Bisa Mendaftar ?

PPPK periode 2 khusus memberikan kesempatan bagi lulusan PPG yang ingin menjadi guru melalui skema kontrak 1 tahun tidak ada lagi kontrak 2 tahun atau 5 tahun, kebijakan perpanjangan kontrak akan dikembalikan pada instansi apabila dinilai memiliki kinerja yang baik maka akan diperpajang.

Kelebihan dari PPPK untuk guru mengacu pada fokus kompetensi profesional dan pedagogik, tidak terbatas pada usia maksimal seperti CPNS, mendapaktkan hak yang sama seperti gaji dan tunjangan dari pemerintah. Bahkan kedepan akan diberikan kesempatan berkarir ke PNS melalui skema yang telah disiapkan.

2. Syarat dan Dokumen Penting yang Harus Dipersiapkan.

Rekan-rekan PPG pasti masih menyimpan dokumen file pendaftaran dulu nantinya persyaratan tidak jauh berbeda hanya menambahkan beberapa syarat seperti scan sertifikat dan lainnya dokumen yang dimakdsu seperti ijasa, KTP, surat keterangan lainnya seperti surat keterangan sehat jasmani dan rohani apabila dibutuhkan dan terakhir pas foto.

Selain itu lengkapi dokumen lain seperti akreditas program studi dan akreditasi kampus sesuai tahun lulus, persiapkan dari sekarang supaya nanti pada saat sudah resmi dibuka tidak kebingungan karena biasanya beberapa website kampus yang menyediakan informasi tersebut di saat pendaftaran PPPK karena banyak yang mengakses menjadi error, atau minta ke teman yang sudah memiliki.

3. Alur dan Jadwal Pendaftaran PPPK Periode 2.

Sama seperti pelaksanaan PPPK umum pendaftaran akan dibuka melalui website https://sscasn.bkn.go.id hanya saja sistem pemilihan formasi akan tersingkroniasi pada maping yang sudah dipilih, pelamar hanya bisa melakukan perubahan satu kali, pertanyaan apakah bisa memilih formasi diluar rekomendasi maping, jawabanya bisa tetapi apabila tidak lulus kampus tidak akan bertanggung jawaba apabila maping tidak diikuti.

4. Jenis Tes dan Tips Agar Lolos Seleksi

Ini yang menarik meski nilai teknis 100% karena pelamar semua dari lulusan PPG calon guru ada kemungkinan nilai sama jadi yang akan menjadi penilaian jika nilai nya sama dari nilai teknis munri, selain itu soal tes manajerial dan sosial kultur dan wawancara juga harus memenuhi passing grade.

Sedikit berbeda dari PPPK umum proses seleksi masih menggunakan nilai passing grade, kita tidak bisa bersantai-santai karena persangain sangat ketat, beda cerita jika program studi rekan-rekan pilih memiliki kuota lebih banyak dari pada pelamar.

5. Strategi Memilih Formasi Agar Peluang Lolos Lebih Besar.

Pertimbangkan data dari maping apabila rekan PPG masih muda kemungkinan besar akan di maping ke wilayah yang cukup jauh dari daerah domisi, selain itu tidak semua daerah membuka formasi tahun ini hanya beberapa kabupaten kota yang dibuka. Disarankan mengisi pada wilayah domisili atau lokasi 3T. Beberapa rekan-rekan sudah ada yang mendapatkan maping di lokasi IKN. Ambil saja selagi ada kesempatan khususnya untuk program studi yang banyak mencetak lulusan sementara formasi hanya dibuka sedikit.

Beberapa rekan dari daerah juga ada yang harus rela pindah memilih formasi karena kuota di daerah asal tidak dibuka, bahkan beberapa kota yang ada di Indonesia membuka secara besar-besaran tidak heran jika orang daaerah dipaksa harus memilih ke kota. Hanya saja jangan samapi menumpuk pada satu kota atau daerah saja jika kuota sudah terpenuhi cari lainnya.

Akan terjadi war pemilihan Maping diawal pembukaan nanti karena siapa cepat akan dapat, maka dari itu update terus informasi dari group jangan sampai bersantai apabila waktu maping sudah tiba segera untuk mengisi formasi yang akan di daftar. Kesempatan memilih hanya dilakukan satu kali.

6. Persiapan Mental dan Fisik Sebelum Tes PPPK

Mengingat semua peserta berasal dari lulusan PPG maka rekan harus mempersiapkan mental baja karena pertempuran akan dilakukan dengan tingkat kemampuan yang sama, tidak ada waktu bersantai banyak berlatih dan mengikuti try out maupun latihan soal untuk mendapatkan hasil terbaik.

Untuk program studi yang banyak membuka formasi tahun ini namun lulusan PPG sedikit masih bisa bersantai karena kesempatan lulus akan lebih besar sementara 5 program studi yang overload harus mengencangkan pinggang untuk bersaing ketat mendapatkan pemeringkatan dengan nilai terbaik.

7. Apa yang Harus Dilakukan Jika Tidak Lolos ?

Sudah disinggung sebelumnya banyak sekolah swasta elit bersedia menampung mengajar dengan sistem kontrak 1 tahun sertifikat pendidik yang dimiliki akan dibayar 50% oleh Yayasan ini bisa menjadi kabar yang baik sembari menunggu proses rekrutmen PPPK tahun depan.

Hanya saja yang perlu diperhatikan bagi rekan-rekan PPG apabila nanti data kita masuk ke sistem dapodik maka status tidak lagi sebagai alumni PPG Calon Guru melainkan sebagai guru sekolah swasta sebisa mungkin konsultasikan ke kampus apakah kita sebagai lulusan PPG boleh masuk data dapodik setelah nanti tidak lolos dan memutuskan untuk mengajar di sekolah swasta untuk mengisi waktu kekosangan sampai nanti tahun depan.

8. Hak dan Fasilitas yang Didapatkan Guru PPPK

Berdasarkan aturan PPPK akan mendapatkan hak yang sama dengan PNS hanya saja yang membedakan sistem kontrak 1 tahun tersebut. Namun seiring berjalan waktu pegawai PPPK dapat menjadi PNS jenjang karir semua PNS guru akan dimulai dari PPPK.

Semoga sharing ini bisa menambah motivasi kita dalam pempersiapkan pertempuran besar yang ada di depan mata, kesempatan masa depan akan tergantung pada kemampuan masing-masing tidak ada yang bisa diandalkan selain diri sendiri.