Sekolah Kedinasan atau PTN ? Yuk, Pilih yang Pasti Masa Depannya! 2025/2026


Sekolah Kedinasan atau PTN ? Yuk, Pilih yang Pasti Masa Depannya! 2025/2026 - Seperti kata ahli pendidikan bukan satu-satu indikator untuk bisa sukses, hal ini sependapat, tetapi ada beberapa pendidikan yang mencetak calon profesional pada bidang tertentu, jika berkonsep seperti sekolah kedinasan tentu hal itu tidak sependapat karena penentu kesuksesan dalam pendidikan tersebut terletak pada studinya.

Tetapi semua perjalanan tersebut tidak mudah selalu ada opsi yang bisa diikuti seperti PTN, kadang masih bingung menentukan pilihan kemana kita setelah lulus sekolah akan berkuliah. Pendidikan memang tidak selalu membuat kita menjadi sukses tetapi ia akan memperbesar kemungkinan untuk sukses.

Meski sudah banyak yang paham tentang konsep pendidikan tinggi seperti PTN maupun sekolah kedinasan tetapi seringkali orang kadang salah menilai karena tidak semua sekolah kedinasan itu akan setara dengan Sarjana sementara sarjana tidak akan selalu langsung bekerja setelah lulus. Faktor inilah yang menjadi salah satu pertimbangan.

Banyak yang beranggapan bahwa sekolah kedinasan banyak yang setara dengan Diploma D3 kebawah, meski langsung bekerja tetapi gaji yang diterima tidak akan sebesar lulusan sarjana, jadi mana yang kita akan pilih. Pada kesempatan kali ini admin akan membahas secara rinci terkait dengan pilihan kuliah, karena ini akan berpengaruh pada masa depan. Untuk lebih jelas simak selengkapnya pembahasan dibawah ini :

1. Apa Itu Sekolah Kedinasan ?

Sekolah kedinasan merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang secara langsung dikololah oleh kementerian atau lembaga pemerintah atau lembaga profesi. Keunggulan dari sekolah kedinasan gratis biaya kuliah dan beberapa ada yang memberikan uang saku atau uang buku. Ikatan dinas tentunya jaminan langsung kerja sebagai ASN, jejang karir jelas, beban studi terfokus pada profesi.

Hanya saja masih banyak tantnagan yang harus di lalui seperti persaingan ketat, peminat banyak tetapi kuota terbatas, seperti kita ketahui bersama penyelenggara sekolah kedinasan mirip konsep semi militer dengan menerapkan disiplin tinggi dan kontra kasus senioritas yang masih banyak terjadi. Harus disiapkan ditempatkan dimana saja dan tidak selalu di homebase.

2. Apa Itu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ?

Perguruan tinggi negeri merupakan universitas atau intittut milik pemerintah, kuliah sarjana maupun pasca sarjana dengan berbagai jurusan umum yang ditawarkan, keunggulana dari PTn seperti pilihan jurusan banyak termasuk beberapa beasiswa pemerintah, lebih fleksibel jika anda ingin merasakan kebesan berpendapat dan berorganisasi ini tempat yang tepat. Selain itu tidak terbatas pada satu bidang profesi saja amelainkan kesempatan karir yang luas dan dapat melanjutkan ke jejangan lebih tinggi baik dalam maupun luar negeri.

Namun ada tantangan yang harus dipikirkan sejak awal seperti biaya kuliah yang tergolong mahal, tidak ada jaminan kerja setelah lulus kuliah, para lulusan pengangguran berijasah tinggi setiap tahun terus meningkat dan tidak sebanding dengan lapangan kerja.

3. Sekolah Kedinasan vs PTN: Mana yang Lebih Cocok untuk Kamu ?

Sekolah Kedinasan

  1. Biaya kuliah gratis, bahkan ada uang saku.
  2. Peluang kerja langsung diangkat ASN dengan ikatan dinas.
  3. Pilihan jurusan terbatas sesuai kebutuhan lembaga.
  4. Kehidupan kampus terikat aturan.
  5. Tantangan seleksi dengan persiangan ketat dan kuota sedikit.
  6. Jejang karir mengharuskan seseorang yang bekerja di kedinasan harus kuliah lagi.

PTN

  1. Biaya tergantung jurusa, saat ini biaya kuliah tidak murah.
  2. Peluang kerja secara umum dan luas meski tidak ada jaminan bebas untuk memilih sesuai dengan latar belakang pendidikan.
  3. Pilihan jurusan sangat banyak bahkan semua minat ada.
  4. Kehidupan kampus yang fleksibel dan kaya akan pengalaman.
  5. Tantangan seleksi tidak terlalu ketat dan banyak jalur pilihan apabila tidak lulus pada satu seleksi maka bisa ikut seleksi lainnya. 

Jika kamu tidak memiliki banyak uang dan ingin mendapatkan jaminan kerja pasti maka sekolah kedinasan menjadi solusi tepat. Sementara jika kamu mencari pilihan kariri yang lebih luar, fleksibel maka PTN adalah pilihannya. Ini cocok untuk yang tidak mengkwatirkan masalah pekerjaan.

4. Bagaimana Cara Menetukan Pilihan yang Tepat ?

Hidup ini hanya satu kali dan pendidikan akan sangat mengingat jadi jangan sampai salah pilih sebab jika salah pilih penyesalannya akan seumur hidup, jadi menurut pengalaman banyak orang pilihlah sesuatu yang benar-benar sesuai minat, bakat, dan tujuan jangka panjang mu. Jangan biarkan keinginan orang lain mempengaruhi pilihan mu.

5. Tips Lolos Seleksi Sekolah Kedinasan dan PTN

Selalu fokus pada subtansi materi tes, perbanyak latihan soal baik contoh dari tahun lalu ataupun lainnya, siapkan fisik dan mental untuk menghadapi setiap keputusan apapun yang akan diterima baik gagal maupun berhasil. Mulailah untuk mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum seleksi dilaksanakan. Persiapan Portofolio atau prestasi yang dimiliki sebagai nilai tambah saat mengikuti tes.

6. Apa yang Harus Dilakukan Jika Tidak Lolos?

Seperti kata salah satu pengusaha Prof. CT bahwa jadikan kegalalan teman terbaik anda ? jadi terus mencoba dan ikuti jalur lainnya, karena jalur masuk kuliah tidak hanya satu masih ada beberapa jalur yang bisa diikuti. Ikut les atau kursus tambahan untuk mempersiapkan diri di masa yang akan datang. Selayaknya bertemu dengan seorang sahabat, gagal harus disambut dengan iklas.


Pilihan utama jika kita belum mengetahui memang tertuju pada sekolah kedinasan, tetapi beberapa pengalaman dari teman yang sudah pernah ikut kedinasan, ternyata setelah lulus tidak berakhir sampai disana saja tetapi untuk bisa menitih karir mereka juga harus kuliah lagi, sementara bagi lulusan sarjana meski tidak ada jaminan kerja jika nanti mendapatkan kerja maka tidak perlu kuliah lagi jika tidak ingin tetapi tantangannya adalah saat mencari kerja yang cukup sulit.

Semua pilihan sangat bergantung pada kondisi awal kamu jika memang tidak ada biaya dan mengharapkan langsung kerja maka pilihan utama ada di sekolah kedinasan, tetapi jika ingin lebih fleksibel dan menikmati masa kuliah seperti mahasiswa pada umumnya sekolah PTN bisa jadi solusi pilihan. Yang pasti keduanya baik.